Cara membuat Telur Asin

Membuat telur asin bisa menjadi alternatif bagi kita untuk memulai berwirausaha sendiri. Telur Asin tentu bukan barang yang aneh buat kita. Telor bebek yang diasinkan berwarna biru-kehijauan dengan cap bulat dengan mudah dijumpai di kios-kios atau warung makan. Selama ini rasa telur asin mungkin hanya asin bahkan mungkin keasinan.

Saat ini banyak dijumpai telur asin memiliki aneka rasa yang khusus seperti rasa bawang, rasa pedas, rasa soto ayam, atau rasa udang. Membuat telur asin aneka rasa tidak serumit yang kita bayangkan. Meskipun cara membuatnya cukup mudah, tapi belum banyak orang yang mengetahui cara membuat telur asin aneka rasa tersebut.

Berikut ini cara membuat telur asin rasa bawang. Sebenarnya cara pembuatan telur asin rasa bawang sangat sederhana dan sama dengan membuat telur asin biasa, bedanya hanya adanya penambahan parutan bawang putih ke media rendaman telur selain garam.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat telur asin rasa bawang :

Telur bebek …………..10 butir
Bubuk bata atau abu …. 1,5 kg
Garam kasar ………….. 300 gr
Bawang putih ………… 50 gr
Air ……………….. …. secukupnya

Proses pembuatan :

Berikut ini cara pembuatan telur asin bawang :

  1. Cucilah telur agar bersih dari kotoran bebek
  2. Campurkan bubuk bata atau abu dengan garam dan parutan bawang putih hingga tercampur rata sebagai media telur. Untuk penambahan parutan bawang putih, makin banyak jumlah yang ditambahkan makin berasa bawang putihnya kelak
  3. Tambahkan air secukupnya pada media hingga jika media ditempelkan pada telur bisa menempel dengan baik
  4. Rendamlah semua telur dalam media hingga tertutup rata atau balutlah tiap telur dengan media paling tidak selama 7 hari, karena lama perendaman berpengaruh terhadap rasa asin telur, makin lama direndam makin asin rasa telurnya.
  5. Setelah melalui proses perendaman, cucilah telur dari media hingga bersih kemudian rebuslah telur asin hingga matang. Setelah itu telur asin rasa bawang siap dipasarkan

Tips : beri stempel yang bertuliskan merk dagang dan alamat produksi untuk memudahkan orang menghubungi anda jika ada yang tertarik dengan telur produksi anda. Selamat mencoba, semoga sukses dalam berwirausaha.

2 Responses
  1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua


  2. Assalamualaikum, wow tipsnya lengkap dan detil ya, pasti rasanya juga mantab. Buat yang suka simple, langsung jadi, bisa coba order telur asin bakar, rasanya gurih dan aroma bakarnya juga sedap.

    Disini webnya: www.JualTelurAsinBakar.com
    Kontak: Bpk. Miko Raharjo
    HP/BBM: 0838.3132.4892 / 280e27a8
    Email: telurgurih@yahoo.com


Glitter Text
Make your own Glitter Graphics