Membuat Energi Alternatif Menggunakan Dinamo Sepeda

Dinamo sepeda dapat menjadi sumber energi alternatif yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dengan daya kecil, bagi yang kreatif dinamo kecil ini dapat dimanfaatkan sebagai Pengecas HP, Pengecas battery jam, mainan anak sampai pada energi untuk penerangan lampu jalan memanfaatkan putaran angin, berikut akan kami jelaskan cara menjadikan dinamo sepeda menjadi sumber energi yang dapat dimanfaatkan:


  • Sebagai Pengecas HP
Dinamo sepeda bisa menjadi alternatif alat pengecas HP. Ini bisa dijadikan sebagai energi alternatif disaat tidak terdapat sumber energy listrik disekitar anda, lagi mati lampu atau charger anda rusak dan belum sempat membelinya sementara akan digunakan untuk Nelpon

Nah disini kita akan jelaskan bagaimana membuat atau menjadikan dinamo sepeda menjadi alat pengecas HP, adapun langkah langkahnya sbb:

  • Siapkan sebuah dinamo sepeda
  • Siapkan Sebuah kabel pengecas HP (atau bisa juga dengan mengambil charger yg rusak)
  • Siapkan sebuah obeng Plus/minus
Cara pemasangan:
  • Pasangkan kabel dari charger HP bekas ke kutup kumparan dynamo sepeda dengan menggunakan obeng pasang hingga ketat
  • Kemudian buat dudukan untuk meletakkan hp anda, jika ingin mengecas sambil jalan
  • Sekaranga jalankan sepeda anda dan pastikan HP anda dalam keadaan mati
  • Jaga kecepatan sepeda jangan sampai melewati batas kesanggupan dinamo, terutama disaat turunan
  • Atau anda dapat membuat regulator pembatas tegangan dengan cara berikut

  • Sebagai Lampu Penerangan/ Lampu Pagar
Jika kita adalah seorang yang kreatif dan suka memanfaatkan sesuatu yang sudah tersedia dilingkungan maka Dinamo sepeda yang kita miliki dapat kita jadikan sebagai sumber alternatif energi penerangan lampu pagar, tanpa harus membayar listrik tiap bulannya.Selagi masih ada angin untuk memutar dinamo lampu akan hidup terus. Caranya sebenarnya cukup gampang, intinya baling baling yang akan diputar oleh angin akan kita hubungkan dengan dinamo sepeda sehingga menghasilkan energi listrik, mari kita persiapkan alat dan Bahannya;

  • 1 buah dinamo sepeda baru atau seken tidak masalah yang penting masih hidup
  • Kabel 4 meter
  • Gunting
  • Obeng
  • Kayu triplek atau seng bekas yang akan kita jadikan baling baling atau dapat juga memanfaatkan baling baling kipas yang sudah rusak (ambil baling balingnya
  • Lampu LED (Cari yang superbright agar cahayanya terang) 4 biji
Cara Pembuatannya:


  • Sebagai Pengecharge Battery Jam atau mainan Anak-anak
Disekitaran kita terdapat beraneka ragam peralatan elektronik, sebahagian peralatan yang kita gunakan tersebut menggunakan battery sebagai sumber energinya. Karena battery mempunyai batas pakai energi tentunya kita harus mengganti setiap saat jika peralatan elektronik kita sudah tidak bisa hidup lagi lantaran batterynya habis. Misalkan Jam dinding, mainan anak anak dsb.

Agar tidak setiap saat kita harus membeli battery baru maka pilihlah jenis battery yang bisa dicharge ulang sehingga ketika energi dibattery kosong kita dapat mengisinya kembali. Salah satu cara mengisinya yaitu dengan memakai dinamo sepeda.OK kan??
Dengan cara menambahkan battery holder (tempat battery) dan menghubungkannya kedinamo sepeda kemudian memutar bannya battery akan kembali terisi.

Mari kita galakkan penggunaan energi yang ramah lingkungan mulai dari yang terkecil sebelum kita berbicara tentang yang lebih besar.
18 Responses
  1. mas bagus infonya, kalo cari dinamo speda yang baru dimana? yang bekas dimana?


  2. Zul Alimin Says:

    Bisa dibeli di toko sepeda, atau dipasar2 loak mas :)


  3. Yudi Linux Says:

    bisa juga pake dinamo printer. Printer yang rusak, daripada ngak guna bisa diambil dinamonya. aku pernah nyoba bisa nyalakan LED sebanyak 20 biji


  4. Zul Alimin Says:

    Mas Yudi, Terimakasih atas tambahan infonya :))


  5. Anonim Says:

    cara membuat lampu penerangannya bagaimana ya?


  6. Anonim Says:

    mas, itukan tempat masang kabel di dinamonya cuma 1, nah nentuin positif negatifnya itu gimana?


  7. Anonim Says:

    mas saya mau nanya? gimana cara buat bikin mesin diesel dr BBM ke tenaga lain umpama panas/ angin.


  8. Ahmad Syahid Says:

    Wah keren, terima kasih infonya.


  9. neutron96 Says:

    makasih mas
    infonya bagus.
    kalau boleh tambahin gambar biar lebih jelas lagi.


  10. keren,, kalo untuk cas hp apakah tidak harus disesuakan daya yang dibutuhkan,, apa nantinya tidak berbahaya untuk hp?.
    tolong dijelaskan lebih rincinya,, terimakasih,,


  11. ikbal rahman Says:

    Ma ap ms lau dinamo sepedah itu untuk ngacas aksepeda motor bsa ga n gmna rangkaianya


  12. Anonim Says:

    terima kasih atas postingnya, sangat membantu.


  13. Anonim Says:

    widih untug ane bru beli dinam0nya 50rb


    mantep dah info nya thanks


  14. Anonim Says:

    mau tanya apa beda dinamo sepeda dengan generator yg ada di genset ? kalo boleh bisa komunikasi di emailsaya ? andrewoeytianping71@yahoo.com
    karena sangat tertarik dengan energi alternatif dari generator / dinamo utk rumah saya. pernah lihat dari TV ada yg buat dr aliran sungai kecil dengan generator.
    mau tanya2 tentang dinamo/ generator ....... nih
    terimakasih


  15. Wah bagus tuh.. Tapi kalau dari dinamo sepeda arusnya ga stabil kan


  16. Diky Aditya Says:
    Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

  17. Diky Aditya Says:

    cara buat untuk dinamo yg nyalain lampu gimana???mohon penjelasannya


  18. Anonim Says:

    mungkin semua yang berbentuk kumparan bisa ... tidak harus dinamo...


Glitter Text
Make your own Glitter Graphics