Mengenali lebih dekat Kepulauan Riau -Indonesia (Gugusan pulau yang berbatasan langsung dengan negara lain)

Kepulauan Riau - Indonesia


Sebagai sebuah provinsi dengan jumlah pulau terbanyak di Indonesia dan berada pada deretan terdepan pulau pulau yang berbatasan langsung dengan negara lain sudah sepatutnya kita mengenali lebih dekat salah satu provinsi termuda Indonesia yang berada diranah melayu ini dengan harapan pengenalan ini akan menimbulkan kecintaan kita pada tanah air yang memiliki kekayaan melimpah, budaya yang beragam, hasil alam dan laut yang luar biasa.Tentunya dengan membekali SDM yang mampu mengelola kekayaan ini untuk kesejahteraan masyarakat dengan tetap memperhatikan Ekosistem Alam serta kekhasan budaya suatu daerah.

Dengan masyarakat melayu yang menjunjung tinggi nilai nilai Kesantunan, Keramahan serta kepedulian serta menjunjung tinggi nilai budaya tentunya akan menambah kekhasan provinsi yang menampung multi etnis ini.Lalu lintas budaya memang sangat beragam namun diranah melayu semua masyarakatnya membaur dan dilindungi oleh budaya saling menghargai.

Untuk Detail Mengenai Sebuah kabupaten Silahkan Klik nama Kabupaten yang diinginkan:

No.Nama Kabupaten/KotaPusat PemerintahanKecamatan
1.Kab. BintanBandar Seri Bentan10
2.Kab. KarimunTanjung Balai Karimun9
3.Kab. Kepulauan AnambasTerempa7
4.Kab. LinggaDaik5
5.Kab. NatunaRanai16
6.Kota BatamBatam Centre
12
7.Kota Tanjung PinangTanjung Pinang
4

Kabupaten Bintan(Kota Pariwisata nan memukau)


Selayang Pandang Bintan:

Kabupaten Bintan dijuluki juga dengan ''Segatang Lada" yang menggambakan betapa banyak pulau yang berada didaerah Laut cina selatan ini. Menurut catatan sejarah sekitar 1722-1911 terdapat dua kerajaan Melayu yang berdaulat yaitu kerajaan Riau Lingga yang berpusat di Daik dan kerajaan Melayu Riau yang berpusat di Bintan Wilayah kekuasaannya pun tidak hanya terbatas di Kepulauan Riau saja, tetapi telah meliputi daerah Johor dan Malaka (Malaysia), Singapura dan sebagian kecil wilayah Indragiri Hilir. Pusat kerajaannya terletak di Pulau Penyengat dan menjadi terkenal di Nusantara dan kawasan Semenanjung Malaka. Mayoritas penduduk disini beretnis melayu.

Memiliki potensi wisata yang luar biasa , sampai sampai Singapore saja merekomendasikan wisatawannya untuk mengunjungi pulau indah ini. Selain itu sejumlah potensi perikanan pertambangan dan peternakan serta perindustrian menjadi daya pikat bagi para investmen.

Untuk menarik minat investor, pemerintah setempat telah mengalokasikan lahan seluas 500 ha di Kijang dan 100 ha di Bintan Barat sebagai areal hutan industri dan pengembangan pantai. Pengembangan pariwisata dilakukan dengan bekerja sama dengan Singapura untuk membangun Bintan Utara.

Kota Madya Batam- Kepri (Kota Industri dan Perdagangan)

Selayang Pandang Batam:

Pulau yang berbatasan lansung dengan Singapore ini menjadi pusat Industri di Kepulauan Riau, Pulau berpenduduk 1.081.527 jiwa ini dihuni oleh berbagai Etnis dari wilayah Indonesia seperti Melayu,Padang, Jawa, Batak, Bugis dll dan juga Etnis Thionghoa, India dll.
Beberapa pulau disini telah saling terintegrasi dengan sarana Jembatan yang di bangun pada masa BJ Habibi.Memiliki Fasilitas Hotel kelas International, Bandara, Asrama haji, 5 Pelabuhan ferry International, Pelabuhan Domestik serta pelabuhan antar Pulau.
Kota Industri ini banyak didominasi oleh perusahaan Perkapalan yang berada di Batu Ampar, Tanjung Uncang, Sekupang serta Pabrik Elektronik yang berda di Batam Center, Muka Kuning.

Kabupaten Karimun (Kota Sijori)
Selayang Pandang Karimun:

Negri berazam dengan Luas Pulau 7.984 km² (daratan 1.524 km² dan luas lautan 6.460 km²) terdiri dari 198 pulau dengan 67 diantaranya berpenghuni. Merupakan sebuah pulau strategis yang berdekatan dengan Malaysia dan Singapore. Untuk kemajuan daerah ini pemerintah membuat sebuah kesepakatan segitiga pertumbuhan Asean antara Singapore, Johor dan Riau (Sijori) dan juga antara Indonesia-Malaysia dan Thailand.

Kabupaten Anambas


Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki Luas wilayah Administrasi 5.901.400 Ha yang terdiri dari 5.837.012,75 Ha (98,91% dari luas administrasi) adalah lautan, 64.387,25 (1,09% dari luas administrasi ) adalah daratan dan 5.949,54 Ha (0,10% dari luas admnistrasi atau 9,24% dari luas daratan) adalah kawasan hutan.
Wisata bawah Laut Pulau Pahat Anmbas

Potensi minyak bumi yang tersedia di kab anambas relatif besar. Berdasarkan data dari dirjen Migas 2008 terdapat 326,15 MMSTB Minyak Bumi dan 53,06 TSCF Gasa Alam dengan sebaran terdapat dicekungan Kepulauan Kab Anambas dan Kab Natuna.

Kabupaten Lingga (Kota Sejarah dan Budaya)

Kepulauan lingga berda di Selatan Kepulauan Riau dan di Timur Pulau Sumatera yang dilewati oleh Garis Khatulistiwa. Kebanyakan penduduk disini bersuku Melayu, Bugis dan Tionghoa. Dalam sejarah kita temukan bahwa Asal muasal Kesultanan daik Lingga merupakan keturunan dari Kerajaan Johor. Keturunan Sayyid 'Aidarus Aceh di Sumatra yang berasal dari Hadramaut di Arabia Selatan. Terbentuknya Kerajaan Lingga bermula dari sengketa suksesi pada saat Sri Sultan Mahmud Syah III dari Johor wafat. Akibat dari sengketa tersebut, terpecahlah menjadi dua kubu yang masing-masing didukung oleh Inggris dan Belanda. Baca Sejarah



Pulau Natuna-Kepri (Kota Gas Alam dan Panorama Eksotis)

Kabupaten Natuna merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau. Memiliki luas wilayah 3.235,18 km2 yang terbagi menjadi 16 kecamatan dengan Ranai sebagai ibukota kabupaten.Wilayahnya berbatasan dengan Negara Vietnam dan Kamboja di sebelah utara, Kabupaten Kepulauan Riau di sebelah selatan, Semenanjung Malaysia dan Pulau Bintan di sebelah barat.

Pulau kecil dengan 97,9 persen lautan menjadi primadona dan incaran orang orang dari dalam dan luar negri.Bagaimana tidak potensi Gas alam terbesar berada di wilayah ini 45 triliun kaki kubik (TFC) mampu menghasilkan rata-rata 38 juta ton LNG pertahun. Belum lagi pesona Alam yang luar biasa menjadikan rentetan list keunggulan pulau berpenduduk sekitar 100ribu jiwa ini.


Batu Sindu - Natuna
Gunung Ranai- Natuna

Ditambah lagi keindahan pulau terluar indonesia Pulau Sekatung yang berbatasan dengan Vietnam lihat DISINI.

Kota Tanjung Pinang (Kota Pemerintahan dan Budaya)

Kota Tanjungpinang yang terletak di selatan Pulau Bintan merupakan kota yang syarat akan sejarah, budaya dan adat istiadat Melayu. Dengan luas wilayah sebesar 239,50 kilometer persegi dan jumlah penduduk 228.402 jiwa .

Bersambung....




2 Responses
  1. Unknown Says:

    Semoga masyarakat Melayu di Kep. Natuna, selalu bersatu padu dengan Pemerintah setempat menjaga kekayaan alamnya semata-mata untuk kepentingan dan kesejahteraan Rakyat Kep. Riau. Sekali lagi dijaga kelestarian alamnya dengan sebaik-baiknya. Aamiin.


  2. Unknown Says:

    ANGKA JITU DAN AKURAT HASIL RITUAL YANG BISA ANDA MENANGKAN HARI INI HUB NO =085=319=486=059 KY PANGANDARANG DENGAN KEMANPUAN SUPRANATURAL YANG DIMILIKINYA BISA MENEMBUS ALAM GHOIB DAN AKAN MEMBERIKAN KEMENANGAN ANDA HARI INI KARNA BELIAU AKAN SELALU MEMBANTU ANDA DENGAN ANGKA RITUALNYA YANG DI JAMIN 100% TEMBUS DAN MEMANTAU ANDA SELAMA PEMASANGAN ANGKA (SGP/HKG/MALAYSIA/ )SAMPAI AKHIR PUTARAN ANGKA TOGEL SELESAI DI PUTAR,

    Anda cukup mendaftar dengan biaya 100 ribu
    Contoh format nama dan kirim pulsa 100 ribu ke nomor 0853-1948-6059 sebagai biaya ritual untuk di belikan peralatan sesajen seperti :
    KEMBANG,KEMENYANG,PISANG DAN TELUR AYAM KAMPUNG. Setelah biaya di kirim maka AKY PANGANDARAN akan membantu anda dengan ritual ghoib. Biaya yang anda keluarkan tidak sebanding dengan angka hasil ritual yang di berikan kepada anda semua.tapi ingat setelah tembus sisihkan sedikit buat yang memerlukan biar berkah. DAPATKAN SEKARANG JUGA ANGKA TEMBUS KY PANGANDARANG Call / Sms 0853-1948-6059

    . GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

    angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/

    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/

    angka GHOIB; laos 4D/6D/8D

    angka GHOIB; thailan

    angka GHOIB; macau

    angka ghoib; sidney


Glitter Text
Make your own Glitter Graphics