Cara Mengoptimalakan Promosi Web Anda


Sebelum membuat website anda harus memilih kata kunci (keywords) dari website anda terlebih dahulu. Kata kunci merupakan kta-kata yang ditulis oleh para netter sebelum memulai pencarian.
Apa bila anda sakah dalam memilih kata kunci, maka sebaik apapun anda mengoptimisasi website anda, search engine tidak dapat memberikan traffic yang anda harapkan.

Sebagai contoh, misalnya anda hendak memasarkan obat pelangsing bermerk “ ABC” melalui sebuah website.

Maka kata kunci yang mungkin anda pilih adalah :

1. obat pelangsing alami

2. obat langsing mujarab

3. cara menurunkan berat badan

4. cara untuk kurus

5. dll

Dari ke empat contoh kata kunci diatas pilihlah yang sekiranya paling sering diketik orang di search engine. Jika pilihan anda tepat, katakanlah kata kunci no 4 yang paling sering digunakan orang search engine dan rata-rata pencarian 200 kali perhari, maka jika website anda berada diperingkat 5 besar maka kemungkinan sekitar 20% sampai dengan 80% dari orang-orang tersebut akan mengunjungi website anda.

Mengapa saya katakan hingga 80%, karena ranking 1 tidak menjamin anda akan memperoleh pengunjung terbanyak. Hal ini masih dipengaruhi oleh kata-kata yang berada di title tag (judul halaman web) dan description tag (deskripsi singlat tentang web). Oleh karena itu promosi website terkait dengan promosi dari kata kunci website anda.

Contoh: seorang netter mengetik kata kunci obat untuk langsing (karena ia ingin membeli obat pelangsing) di search engine dan hasil tampilan untuk ranking 1 dan ranking 5 sbb:

Ranking 1

Title tag : Cara olah raga supaya langsing

Descry. Tag : olah raga 30 menit perhari secara runtin akan membuat tubuh anda

langsing secara alami tanpa minum obat

Url : http://www.situs1.com/


Ranking 5

Title tag : Obat diet yang mujarab

Descry. Tag : Kami menjual obat diet yang cepat menurunkan berat badan yang menjamin

anda akan langsing dalam 1 minggu.

url : http://www.situs5.com/


Nah menurut anda halaman mana yang akan ia kunjungi jika ia ingin membeli obat pelangsing ???

Jangan gunakan kata kunci yang jarang digunakan orang search engine. Misalnya merk produk anda “ABC” kecuali anda bisa memastikan bahwa merk tersebut sudah terkenal dan banyak dicari-cari orang. Karena kata kunci itu tidak bermanfaat untuk menghasilkan pengunjung meskipun anda berada di ranking1.

Setelah anda menemukan kata kunci yang tepat , barulah anda membuat website dengan mempertimbangkan aspek SEO dengan sebaik-baiknya.

Pada prinsipnya SEO terdiri dari 2 aspek :

1. On page SEO dan

2. Off page SEO


On page SEO adalah mengoptimalkan kata kunci pada text di halaman website anda plus memberikan kode kode tag khusus pada kode HTML-nya.

Hal tersebut sangatlah penting untuk meyakinkan search engine bahwa website anda merupakan hasil pencarian yang paling relevant dengan kata kuncinya untuk di tampilkan di SERPs (search engine result pages).

Off page SEO adalah suatu langkah wajib selanjutnya dalam promosi website anda. Off page SEO adalah upaya pengoptimalan yang dilakukan setelah website anda jadi (setelah di optimisasi on page-nya).

Langkah pertama yang dilakukan adalah pendaftaran / submission ke search engine besar seperti Google dan Yahoo.

Langkah kedua dengan menghimpun inbound link (link external) sebanyak mungking dari website lain ke website anda. Dan ini merupakan upaya promosi website yang paling menjemukan.

Inbound link yang dimaksud disini sebuah link di website orang yang ketika link tersebut di klik, maka pengunjung website orang tersebut akan meninggalkan website orang itu dan menuju ke website anda. Yang patut di perhatikan dalam pembuatan link ini harus menghindari tag “rel no follow” yang merupakan perintah pada search engine untuk tidak mengikuti link tersebut, sehingga link tersebut tidak diperhatikan dan tidak diikuti oleh search engine.

Link ini bisa berupa gambar (image) ataupun text (tulisan anchor text mis: obat diet).

Ilustrasinya pada kehidupan nyata sbb:

Jika anda bertanya ke beberapa orang dimana membeli obat diet yang mujarab dan orang tersebut menunjuk toko “ABC”, maka anda akan berfikir bahwa toko “ABC” merupakan toko yang popular.

Begitu pula dengan search engine, semakin banyak website lain yang mereferensikan website anda, maka semakin search engine yakin bahwa website anda sangat popular dan merupakan hasil pencarian yang relevant untuk ditampilkan di SERPs.

Mengenai berapa jumlah dari Inbound link yang diperlukan, bisa puluhan, ratusan atau bahkan ribuan, tergantung dari tingkat persaingan. Persaingan ini bisa berarti jumlah hasil pencarian yang ditampilkan oleh search engine, ataupun seberapa hebat website para pesaing anda dalam pengoptimisasiannya, atau bahkan kombinasi keduanya.

Ok selamat berperang dalam berpromosi website di search engine. Jika anda tertarik menggunakan jasa SEO .
0 Responses

Glitter Text
Make your own Glitter Graphics