Pancasila 2 Versi; Pancasilaku dulu dan pancasila kini



Pancasila

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemansiaan yang adil dan beradap
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Itulah bunyi butir butir dari kelima sila yang menjadi dasar Negara republik Indonesia, Ini pernah diajarkan oleh guru guru kita dahulu dimasa masa sekolah, mereka mengajarkan kepada kita dengan penuh semangat Nasionalisme yang tinggi.

Namun saya heran, kenapa tema pancasila di pemilihan pilpres sekarang ini nyaris tidak tersentuh, entah karena kesalahan pengertian dalam belajar dimasa lalu, atau karena pelajaran itu telah terlalu lama tidak kita dengar lagi dari mulut guru guru kita yang mengajarkan dengan tulus, atau tidak relevankah tema Pancasila di era sekarang ini??? .




Saat ini yang paling sering dibahas dan kita dengar hanya masalah ekonomi-ekonomi-ekonomi, memang kita membutuhkan dengan namanya ekonomi, kita bekerja sekarang pun juga salah satunnya untuk mendapatkan itu, tetapi kehidupan Negara ini tidak hanya dipelopori semata mata oleh ekonomi, disana ada keadilan, kemanusiaan, nasionalisme, penegakan hukum.

Lho!!! pantas saja para koruptor lega menghirup udara bebas dibumi persada kita ini, pantas saja bangsa asing kembali menjajah sendi sendi kehidupan masyarakat Indonesia jika tema kita selalu terfokus kepada masalah ekonomi tanpa dimbangi dengan penegakan hukum yang jelas dan adil, atau kemanusiaan yang harus mendapatkan porsi yang sama bagi semua masyarakat.

Maka saat ini pantaslah pancasila Entah siapa yang merubah makna pancasila ini menjadi versi sekarang ini (yang pasti dari sisi tulisan adalah ketikan penulis) tetapi penulis sendiri hanya menerjemahkan pengamalan pancasila yang dijalankan beberapa dekade belakangan ini (berdasarkan pengamatan penulis).

Secara tersirat butir – butir pancasila sekarang kira kira berbunyi seperti ini.

Pancasila

1. Keuangan yang maha esa
2. Kemanusiaan yang adil bagi pejabat
3. Persatuan korupsi Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh pejabat koruptor dalam permusyawaratan/perwakilan partai.
5. Keadilan sosial bagi Konglongmerat Indonesia


Jika dalam pemilihan tahun ini ada dari salah satu dari tiga CAPRES yang sanggup untuk mengusung atau memperjuangkan kembali pancasila ke versi yang aslinya tentunya pada pemilihan kali ini saya akan melaksanakan kewajiban saya sebagai warga Negara, yaitu memilih mereka pada pemilu 8 juli mendatang .
Tapi jika tidak alamat saya akan kembali menjadi “Golkars” ( Golongan Karyawan saja) Karena saat ini saya bekerja sebagai karyawan tentunya.

Bagaimana dengan Anda, tentunya punya pandangan tersendiri tentang pemilihan tahun ini !!!???

0 Responses

Glitter Text
Make your own Glitter Graphics