Mencari Barang Bekas di Singapore

Kali ini saya akan coba sharing dengan pembaca tentang perburuan orang indonesia terhadap barang barang bekas di singapore (termasuk juga saya sendiri). Bisnis barang bekas disingapore banyak dibeli oleh orang kita Indonesia, Phillipina, Bangladesh dll.Mengingat tingginya tingkat komsumtif orang singapore sehingga mereka hampir setiap tahun menukar isi rumahnya dengan yang baru, mulai dari perabotan, peralatan elektronik sampai kepada barang Telekomunikasi seperti HP dan Laptop atau PC.Hal seperti itulah yang dibidik oleh orang orang di negara berkembang (seperti Indonesia) dijadikan sebagai lahan Bisnis.

Baiklah karena saya sudah memiliki sedikit pengalaman tentang seluk beluk perburuan barang seken disana, saya akan mencoba sharing dengan pembaca tentang perjalanan perburuan barang seken disana, siapa tahu informasi sederhana ini bisa berguna.Baiklah kita akan mengurai satu persatu mulai dari keberangkatan ke singapore sampai kembali lagi ke indonesia;

  • Memilih Pelabuhan untuk berangkat ke singapore
Jika kita memilih perjalanan lewat Batam, kita akan menjumpai beberapa pelabuhan yang bisa kita gunakan untuk keberangkatan ke Spore . Setahu saya terdapat 5 pelabuahan feri dengan route Batam- Spore dan sebaliknya, dimana setiap jamnya ada kapal yang berangkat dari dan ke Spore. Kita tinggal pilih mau lewat Pelabuahan International Sekupang, Harbourbay Jodoh, Feri International Batam Centre, Marina atau Nongsa.
Karena saya tinggal di daerah Tiban maka pelabuahan terdekat adalah feri international Sekupang.Ongkos untuk pulang pergi kesana berkisar antara 37-45 Sing Dolar atau sekitar 300ribuan (P-P) tergantung Kapal Ferry mana yang mau kita naiki .

  • Sesampainya Disingapore
Di Pelabuhan Harbourfront Singapore
Setelah 45 menit naik kapal kita akan sampai di Pelabuhan laut singapore Harbourfront, keluarkan pasport untuk cek-in.Nah bagi yang baru pertama kali kesini ada kemungkinan akan ditayakan ID Card (KTP) so- siapkan KTP anda yang asli sebelum berangkat, sebab kalau tidak ada, bisa-bisa kita akan ditendang balik ke indonesia, dan pastikan sebelumnya data yang ada di KTP dengan pasport semuanya Valid alias sama (maklum dibatam kadang kadang ada yang bikin ktp Tembak, jadi terkadang ada yang tidak sesuai).

Memilih angkutan di Singapore
MRT Map Singapore
Setelah selesai Cop Pasport, saatnya kita akan memilih transportasi untuk mengantarkan kita ketempat tujuan. Silahkan pilih mau naik Taxi, Bus, atau MRT. Bagi yang punya duit lebih silahkan memilih Taxi, tinggal bilangin mau kemana taxi akan langsung mengantarkan kita ketempat tujuan, jangan kwatir taxi di singapore semuanya dilengkapi dengan argometer.Namun bagi yang bawa duit Pas-pasan(seperti saya :)) silahkan memilih transportasi yang murah meriah yaitu bis atau MRT. Kebetulan saya lebih suka Naik MRT karena route berhentinya sudah jelas dititik sentra kota dan cepat lagi. Bagi yang membutuhkan MRT Map Silahkan lihat disini.

Tempat barang barang Seken di Singapore
Ada Banyak tempat penjualan barang barang seken di Singapore .Dimana ditoko toko tersebut ada yang menjual Khusus Barang barang rumah tangga mulai dari perabotan, alat alat dapur sampai sepedapun ada.Dilain toko ada juga yang khusus berjualan barang elektronik biasanya toko tokonya menyediakan TV, Kulkas, Mesin Cuci, Air Cond dll. Namun bagi pemula yang menginginkan barang seken seperti PC dan laptop, dapat memilih Pusat penjualan Komputer SIMLIM, karena sekarang simlim tidak hanya berjualan Peralatan Komputer baru tapi juga yang bekas (terutama dilantai 4 dan 5). Walaupun harga disini lebih tinggi dibandingkan dengan toko toko diluar namun dibandingkan dengan harga Indonesia masih tergolong murah.
So, bagi yang ingin bersama sama dengan saya mencari barang dengan harga yang leebih murah dan mau beli banyak silahkan hub saya (promosi mode :ON). Bersama kita akan berkeliling singapore memulai perburuan,...Ready???

Bahasa yang digunakan disana
Pada umumnya hampir disemua tempat kita akan berkomunikasi dengan bahasa inggris.Namun tak usah kwatir ada juga sebahagian penjual yang mengerti bahasa Melayu, asal saja jangan terlalu cepat atau terlalu panjang berkomunikasi dengan mereka (karena kwatir ntar g nyambung) bicaralah dengan penggalan kata; misalnya 'harga-berape?" jangan bilangin "ni harge berape, gue boleh tawar kaga?" ntar orangnya melongo 00:. Nah bagi yang ingin kursus bahasa melayu dengan saya untuk komunikasi disana silahkan datang dulu kerumah sebelum berangkat sambil bawa secangkir Kopi hehe..

Memilih milih barang
Karena kita berbelanja barang seken, periksa dan telitilah terlebih dahulu barang yang mau dibeli, pastikan barang yang dibeli kondisinya masih OK walaupun udah seken.Dan usahakan memilih barang barang yang "bermerek" karena kualitasnya biasanya masih layak pakai.
Jika anda ingin membeli Laptop/PC silahkan lihat postingan saya tip membeli barang seken.

Membungkus/ Packing Barang
Setelah selesai pilih pilih barang, jika yang dibawa banyak saatnya untuk Packing agar barang yang dibawa tidak rusak atau berserakan saat perjalanan.Pastikan barang yang anda beli terbungkus dengan baik, dan kalau bisa dimasukkan kedalam tas tarek troly agar mudah membawanya.Pastikan juga berat barang yang anda bawa tidak lebih dari 25kg, karena kalau lebih siap-siap aja untuk bayar biaya tambahan karena diatas standard Ferry.

Berangkat Kembali ke Pelabuahan Harbour front
Saatnya untuk siap siap kembali ke Indonesia, jangan lupa bawa barang belanjaan. Setelah sampai dipelabuahan harbourfront silahkan naik ke lantai 2/3 untuk check-in ke agen ferry yang kita pilih; Batamfast dilantai 2, Penguin,Pasific dilantai 3. Setelah Check-in dan tahu jam keberangkatan kapal silahkan menunggu di ruang tunggu sebelum masuk pelabuhan, biasanya kita boleh turun 45 menit sebelum schedule keberangkatan. Masukkan barang bawaan ke bagasi dengan melewati scanner barang jika berat (tunjukkan tiket anda disana) dan tenteng aja kalau barang yang dibawa ringan.

  • Kembali ke Indonesia

Perjalanan kebatam
Setelah diatas Ferry sambil nunggu 45 menit sampai kembali dipelabuahan indonesia silahkan pijit pijit kaki karena pegal berjalan seharian, atau hitung hitung uang yang ada didompet sambil lihat lihat nota belanjaan.Whell saatnya turun dipelabuhan batam. Silahkan Cop Pasport, tunggu barang anda diluar didekat scan beacukai. Jika barang barang anda tak keluar keluar berarti ada kemungkinan barang tersebut nyangkut di beacukai, bisa jadi barang yang anda beli tadi harus dikenakan "pajak", anda harus masuk kedalam kantor beacukai untuk mengurusnya (cara pengurusannya beragam) saya tidak mungkin menjelaskannya disini XXXX (karena ada yang berwenang untuk menjelaskannya) Sebagai info barang yang tidak dikenakan beacukai (seingat saya) yaitu belanjaan dibawah harga 250 US .So pandai pandailah menghitungnya.

Nah saya telah mengantar anda dari batam sampai kembali lagi ke batam, saatnya untuk kita berbagi cerita dan pengalaman:)
203 Responses
«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 203 dari 203   Lebih baru›   Terbaru»
  1. Unknown Says:

    Klo mau jualan elektronik dari Singapura yg karungan ato langsung borongan gimana caranya. Info nya dong


  2. Anonim Says:

    Bang Zul, boleh minta wa nya.. rencana Minggu depan suami mau merantau ke Batam buat cari2 laptop bekas yg murah


  3. Anonim Says:

    Gak aktif no nya kk,, wa nya


«Terlama ‹Lebih tua   201 – 203 dari 203   Lebih baru› Terbaru»

Glitter Text
Make your own Glitter Graphics