Biaya Pembuatan Listrik tenaga surya skala Rumahan (perkiraan)

Nah, banyak orang orang kita ketika sudah diperlihatkan perhitungan untuk biaya pembuatan listrik tenaga surya ini menjadi mundur, karena ternyata untuk biaya awal pembuatannya dinilai masih tinggi (dengan asumsi kemampuan masyarakat biasa).Ini wajar saja karena sampai saat ini (saat artikel ini ditulis) pemerintah kita tidak mensubsidi untuk pembuatan listrik tenaga surya ini, melainkan yang disubsidi adalah listrik tenaga diesel dan bahan bakar minyak lainnya. Akhirnya
banyak yang tidak mampu untuk biaya awalnya walaupun setelah itu biaya akan relatif lebih murah karena tidak perlu lagi membayar setiap bulannya, kecuali nantinya untuk perawatan ada kemungkinan pergantian battery setelah 2 tahun pemakaian.

Baiklah Kita akan coba mengkalkulasi perkiraan awal biaya pembuatan tenaga surya ini untuk skala rumahan (rumah sederhana)
  1. Panel Surya.................................Rp 5.000.000
  2. Accumulator................................Rp 2.500.000
  3. Inverter.......................................Rp 150.000
  4. Lampu LED (yang lebih hemat energi dan lebih tahan lama)..Rp 250.000
  5. Biaya instalasi (bagi yang tidak bisa merakit sendiri)...............Rp 150.000
TOTAL ............................................................................. Rp 8.050.000

Nah bagaimana kira kira mau pilih PLN atau tenaga surya??? atau sama sama memperjuangkan agar tenaga surya ini disubsidi oleh pemerintah, sehingga biaya pembuatan awalnya lebih ringn dan terjangkau oleh masyarakat kita (terutama kalangan masyarakat biasa)
Perjalanan kita ternyata masih panjang, mari berjuang bersama sobat,......:)
8 Responses
  1. wah, trims infonya... save our world, save our energy


  2. Zul Alimin Says:

    Terimaksaih atas kunjungannya :)


  3. compi_easy Says:

    saya sangat tertarik dengan PLTS ini.
    dengan biaya sekitar 8juta itu setara listrik PLN yang berapa watt?
    dalam 1 hari bisa tanah berapa jam..?
    dan penggunaan lampu LED itu untuk 1 lampu LED..sedangkan untuk 1 rumah kita butuh lampu banyak.
    dan instalasi kabel lampu LED yang arusnya DC berbeda dengan lampu CFL yang arusnya AC, dan itu juga perlu dipertimbangkan..?
    mohon kebutuhan biaya lebih diperinci.
    tks
    mhn balas di compi_easy@yahoo.com


  4. tri budi prasetyo Says:

    kl saya mau dibuatkan intalasi Pembakit tenaga listrik tenaga surya siap ngak ? kl siap bisa hubungi prasetyo.tribudi@gmail.com


  5. Anonim Says:

    saya mau memasang listrik tnga srya ini di rumah saya kl hrg segitu brp wat


  6. Anonim Says:

    Hi, saya tertarik untuk pasang listrik tenaga surya di rumah. tolong info lebih lanjut ke nirmanasani@gmail.com


  7. Panel surya dengan harga termurah dapat anda peroleh di www.gudanglampusurya.com. Jika anda tertarik mengkonversi kebutuhan listrik anda dengan Pembangkit listrik tenaga surya silahkan buka http://gudangpanelsurya.blogspot.co.id/

    Hotline Budi : WA 085879978991 / 082211761557
    E-mail : gudanglampusurya@gmail.com


  8. assalamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. Ahmad Danan hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dan mengunjung websiteNya http://pondok-allaqsha.logdown.com atau KLIK DISINI semua petunjuk K.H. Ahmad Danan saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih Kh. Ahmad Danan saya tidak akan melupakan jasa aki.
    Call/Wa 62822-9128-6336
    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silahkan KLIK DISINI













































Glitter Text
Make your own Glitter Graphics